Halaman

Jumat, 01 November 2013

Biologi - Keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannya

KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DAN UPAYA PELESTARIANNYA


Hewan dan Tumbuhan Langka
Di Indonesia

A.Tumbuhan Langka

1.ULIN



Manfaat : Dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, seperti konstruksi rumah,  jembatan, tiang listrik, dan perkapalan.
Habitat : Tumbuh secara alami di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan.
Penyebab langka : Terjadi pengurangan jumlah akibat tebangan legal dan tebangan liar yang sangat cepat pula.
Upaya Pelestarian : Langkah nyata untuk menyelamatkan pohon ulin dengan melakukan pengawasan ketat terhadap penebangan liar serta rehabilitasi dan reboisasi. Selain itu, pohon yang telah ditanam tidak boleh ditebang sebelum waktunya. Di lain sisi, Pemerintah juga harus menerapkan sanksi tegas terhadap pelaku illegal loging ini. Jika semua telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kemungkinan terselamatkannya populasi ulin semakin besar.


2.CENDANA



Manfaat : Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9.
Habitat : Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.
Penyebab langka : Pohon Cendana sekarang sangat susah ditemukan dan nyaris punah akibat penebangan secara besar-besaran untuk kebutuhan komersil. Kemudian tidak diimbangi dengan penanaman kembali oleh masyarakat karena pohon cendana dianggap sebagai pohon milik pemerintah. Sehingga, masyarakat tidak terlalu peduli dengan perawatan pohon cendana meskipun tumbuh di kebun maupun pekarangan rumahnya. Bahkan, karena dianggap tidak menguntungkan secara pribadi, akhirnya pohon tersebut ditebang.
Upaya Pelestarian : Berkaitan dengan One Man One Tree, tanggal 12 Februari 2009 lalu, Menteri Kehutanan, M.S. Kaban bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur telah melakukan penanaman dan pencanangan pengembangan tanaman Cendana. Penanaman Cendana ini dilakukan di Desa Ponai, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pertimbangan menanam Cendana di Desa Ponai, selain kondisi dan waktu, juga didukung musim hujan masih sangat baik. Akses jalan menuju lokasi pun cukup baik. Selain itu, di Desa Ponai telah ada Kelompok Tani Cendana binaan Balai Penelitian Kehutanan Kupang yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana. Program rehabilitasi pohon Cendana di Nusa Tenggara Timur, adalah prakarsa Menteri Kehutanan di tahun 2006.
Saat pencanangan, telah dipersiapkan areala seluas 1,7 hektar dan bibit Cendana sebanyak 1.200 batang. Sebelumnya, pada minggu ketiga, Desember 2008 telah ditanam sebanyak 7.700 bibit Cendana yang disiapkan BPK Kupang dan Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2PBPTH) Yogyakarta di areal seluas 5,3 hektar di pekarangan dan kebun Masyarakat.
Untuk kesiapan bibit, sampai dengan September 2008, bibit generatif di BPK Kupang sebanyak 10.000 batang dan siap tanam pada bulan Desember 2008 .Sementara, BPDAS Benain Noelmina Kupang, juga memiliki bibit generatif sebanyak 20.000 batang yang siap ditanam pada bulan Desember 2008 lalu.
Sedangkan bibit vegetatif dengan kultur jaringan, B2PBPTH Yogyakarta telah menyiapkan sebanyak 700 batang dan siap tanam pada pertengahan tahun 2009. Sementara bibit Cendana dengan kultur jaringan dari Puslit Bioteknologi LIPI siap tanam pada akhir tahun 2009.


B.Hewan Langka

1.JALAK BALI


Manfaat : Karena penampilannya yang indah dan elok, jalak Bali menjadi salah satu burung yang paling diminati oleh para kolektor dan pemelihara burung.
Habitat : Di pulau Bali, dengan sebaran terluasnya antara Bubunan Buleleng sampai ke Gilimanuk.
Penyebab langka : Penangkapan liar, hilangnya habitat hutan, serta daerah burung ini ditemukan sangat terbatas menyebabkan populasi burung ini cepat menyusut dan terancam punah dalam waktu singkat.
Upaya Pelestarian : Sebagian besar kebun binatang di seluruh dunia menjalankan program penangkaran jalak Bali.


2.ANOA PEGUNUNGAN


Manfaat : Anoa pegunungan biasanya diburu untuk diambil kulit, daging dan tanduknya
Habitat : Anoa pegunungan terdapat di pulau Sulawesi dan Pulau Buton di Indonesia. Anoa Pegunungan termasuk dalam kategori hewan hutan hujan, dan memilih daerah yang terdapat banyak vegetasi, sumber air yang permanen dan jauh dari jangkauan manusia. Anoa pegunungan biasanya mandi di kubangan lumpur, seperti halnya kerbau liar.
Penyebab langka : Pembukaan hutan untuk dijadikan lahan pertanian dan pertambangan emas juga semakin mengancam habitat Anoa Pegungungan, karena ia kehilangan habitatnya dan sumber makanannya, serta ia tidak dapat menyesuaikan diri dengan keberadaan manusia.
Upaya Pelestarian : Kini pemerintah sedang melakukan penangkaran spesies langka ini. Kawasan cagar alam hutan pegunungan lambusango di Kabupaten Buton dan dikawasan taman nasional Rawa Aopa watumohai yang terletak di 3 (tiga)  Kabupaten yaitu Konawe selatan, bombana dan kolaka menjadi tempat untuk melestarikan kehidupan Anoa.

0 komentar:

Posting Komentar