Halaman

Minggu, 19 Agustus 2018

Praktikum biologi - Daerah Pertumbuhan Kecambah

DAERAH PERTUMBUHAN KECAMBAH

A. Tujuan
  • Menyelidiki daerah pertumbuhan akar pada kecambah kacang hijau
B. Waktu
  • Sabtu, 23 Juli 2016
C. Praktikan
  • Lisnawati - XII MIA 1/23
D. Landasan teori
Pertumbuhan didefinisikan sebagai pertambahan yang tidak dapat balik dalam ukuran pada semua system biologi. Pada umumnya daerah pertumbuhan terletak pada bagian bawah meristem apikal dari tunas dan akar. Pada batang yang sedang tumbuh, daerah pembelahan sel batang lebih jauh letaknya dari ujung daripada daerah pembelahan akar, terletak beberapa cm di bawah ujung. Pembelahan sel terjadi secara longitudinal dan beberapa ke arah lateral yang menyebabkan akar berbentuk silindris. Selanjutnya sel-sel dekat ujung akar aktif berproliferasi, dimana terletak tiga zona sel dengan tahapan pertumbuhan primer yang berurutan (zona pembelahan sel, zona pemanjangan, dan zona pematangan). Zona pembelahan sel bergabung ke zona pemanjangan (elongasi). Kemudian sel-sel memanjang sampai 10 kali semula, sehingga mendorong ujung akar, termasuk meristem ke depan. Meristem akan mendukung pertumbuhan secara terus menerus dengan menambahkan sel-sel ke ujung termuda zona pemanjangan tersebut.


E. Alat dan bahan
Alat :
  • Tissue
  • Benang
  • Penggaris
  • Wadah plastik
Bahan :
  • Kecambah yang berakar lurus dan panjang
  • Air
  • Tinta
F. Cara Kerja
  1. Menyiapkan dan membersihkan akar kecambah kacang hijau yang akan digunakan
  2. Membagi kecambah menjadi 6 bagian dan menandai kecambah setiap 3 mm dengan menggunakan tinta
  3. Menyiapkan penggaris atau kaca dan melapisinya dengan tissue
  4. Mengikat kecambah di penggaris/kaca tersebut dengan menggunakan benang
  5. Menyiapkan wadah plastik dan mengisinya dengan air
  6. Memasukkan penggaris ke dalam wadah plastik
  7. Mengamati pertumbuhan kecambah dan mencatat
G. Hasil pengamatan
Kecambah
Hari
1
2
3
Daerah
Daerah
Daerah

1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
0
0
0
0
0
0,1
0
0
0
0
1,4
0
0
0
0
2
0,1
0
0
0
0
2,4
0
0
0
0
3,1
0
0
0
0
3
0,2
0
0
0
0
2,3
0
0
0
0
2,7
0
0
0
0
4
0,1
0
0
0
0
3,7
0
0
0
0
4,3
0
0
0
0
5
0,1
0
0
0
0
3,12
0
0
0
0
2,8
0
0
0
0
Rata-rata
0,02
0,42
0,56

H. Pembahasan
Dalam percobaan ini, dilakukan untuk mengetahui daerah tumbuh pada akar dari kecambah kacang hijau. Kecambah kacang hijau diberi tanda pada akar dengan menggunakan tinta. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap daerah tumbuh pada akar 24 jam x 3 menunjukkan adanya pertambahan panjang pada akar kecambah.
Berdasarkan pengamatan akar dengan interval 3 mm yang diletakkan pada kaca objek yang telah dilapisi tisu tersebut mengalami perubahan pertambahan panjang. Hal ini ditunjukkan pada hari pertama, rata-rata kecambah bertambah 0,02 cm pada daerah 1 (ujung). Lalu hari kedua rata-rata penambahannya adalah 0,42 cm dan hari ketiga rata-rata penambahannya 0,56 cm. Dimana semakin lama, semakin banyak pula penambahan panjangnya.
Berdasarkan hasil pengamatan, daerah yang mengalami pertambahan panjang adalah daerah 1 yaitu daerah ujung. Hal ini membuktikan bahwa di bagian ujung terdapat jaringan yang aktif membelah yang disebut meristem. Jaringan meristem yang aktif membelah inilah yang menyebabkan bagian ujung akar lebih cepat memanjang. Karena letaknya diujung, penambahan akar memanjang lurus (bengkok apabila ada pengaruh cahaya). Pertumbuhan ini disebut pertumbuhan primer.

I. Pertanyaan dan Jawaban
  • Bagaimana hasil rata-rata pengukuran pada akhir percobaan? Samakah ukuran pada awal percobaan ? Mengapa ? Jelaskan !
Jawab : Pada akhir percobaan, rata-rata penambahannya adalah 0,56 cm. hal ini berbeda pada awal percobaan karena telah terjadi penambahan ukuran (dalam hal ini panjang) pada kecambah yang disebabkan aktivitas sel meristem yang menjadikan kecambah mengalami penambahan panjang (pertumbuhan primer)
  • Adakah perubahan pada daerah ujung (1 dan 2), tengah (3 dan 4), serta daerah pangkal (5 dan 6) ? buatlah kesimpulan !
Jawab : Perubahan hanya terjadi pada daerah ujung. Jadi bagian akar yang mengalami pemanjangan adalah ujung (1 dan 2)
  • Daerah manakan yang mengalami pertumbuhan tercepat ? Apa sebabnya ?

Jawab : Daerah ujung, karena pada daerah ujung terdapat sel-sel meristem yang aktif membelah maka jumlah sel bertambah dan terjadi pemanjangan akar.

J. Kesimpulan
Daerah pertumbuhan akar terletak di ujungnya karena pada ujung akar terdapat sel-sel yang aktif membelah yaitu sel meristem.

0 komentar:

Posting Komentar