Halaman

Senin, 17 Juli 2017

TUGAS BAHASA INDONESIA - MEMBUAT TEKS NEGOSIASI

NEGOSIASI ANTARA PENGUSAHA RITEL DENGAN CUSTOMER SERVICE BANK TERKAIT PEMINJAMAN UANG UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA

Seorang pengusaha ritel yang usahanya sedang dalam perkembangan membutuhkan dana cukup besar untuk mengembangkan usahanya. Dana yang diperlukan yaitu Rp200.000.000,00. Untuk itu sang pengusaha berencana mengajukan kredit kepada Bank BRI.

Pengusaha :                             Selamat siang, Pak.

Customer Service BANK :     Selamat siang. Silahkan duduk. Ada yang bisa saya bantu ?

Pengusaha :                             Terimakasih. Begini pak, saya bermaksud ingin meminta informasi seputar pengajuan kredit.

Customer Service BANK :     Ya, prodak kami menawarkan antara lain untuk kredit usaha mikro, kredit usaha kecil menengah, kredit modal kerja, kredit investasi, kredit konsumtif, dan kredit KPR. Kredit mana yang ingin bapak tahu lebih lanjut ?

Pengusaha :                             Saya ada rencana ingin mengembangkan usaha saya yang sudah berjalan. Adapun usaha saya bergerak dibidang ritel, sekiranya jenis kredit mana yang lebih cocok dengan usaha saya ?

Customer Service BANK :     Karena usaha bapak ritel kami sarankan kepada bapak untuk memilih kredit modal kerja

Pengusaha :                             Bagaimana dengan pesyaratannya untuk pengajuan kredit tersebut ?

Customer Service BANK :     Untuk persyaratan pengajuan kredit modal kerja yaitu yang pertama surat izin usaha dari dinas terkait, surat keterangan dari kelurahan setempat, fotokopi KTP suami istri, fotokopi surat NPWP, fotokopi lunas PBB fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi rekening listrik, fotokopi rekening tabungan/rekening koran, fotokopi yang untuk jaminan bisa benda bergerak atau benda tidak bergerak.

Pengusaha :                             Rencananya ingin mengajukan kredit sebesar 200 juta, kira-kira bagaimana ?           

Customer Service BANK :     Adapun besaran kredit yang bank bisa berikan kepada nasabah dipengaruhi beberapa faktor dan kami tidak bisa memutuskan saat ini karena harus disurvai kelayakannya, sebagai contoh untuk jaminan benda bergerak bank hanya bisa memberikan 50% dari harga pasaran sebuah jaminan sedangkan untuk benda tidak bergerak Customer Service bank hanya bisa memberikan kredit sebesar 80% dari harga jual sebuah jaminan dan bank bisa memberikan lebih dari harga sebuah jaminan jika usaha tersebut menjanjikan dengan prospek baik.

Pengusaha :                             Jika persyaratan sudah dipenuhi hari ini, bisakah memberi gambaran seberapa besar kredit yang bisa saya terima dengan jaminan utama sebuah sertifikat tanah hak milik seluas 150 m2 beserta bangunannya/toko dengan nilai NJOP sebesar Rp215.500.000,-

Customer Service BANK :     Ya sebelumya kami dari Customer hanya bisa memberi gambaran besarnya kisaran kredit yang bisa bapak terima beserta bunganya dan jangka waktunya. Jadi untuk lebih lanjut menunggu hasil dari tim survai.

Pengusaha :                             Bagaimana jika saya mengajukan kredit sebesar 200 juta untuk jangka waktu 3 tahun dengan jaminan tersebut ?

Customer Service BANK :     Pada umumnya untuk jenis usaha seperti ini kemungkinan pihak bank hanya memberi sebesar 150 juta. Adapun untuk kepastiannya tergantung dari hasil tim survai dan kebijakan kepala cabang. Sebagai gambaran dengan kredit 150 juta dan bunga 14% pertahun dengan angsuran flat, adapun perhitungannya sebagai berikut, 150 juta dikali 1,42%, ini bunga untuk 3 tahun, jumlahnya menjadi 213 juta terdiri dari 150 juta hutang pokok dan yang 63 juta adalah beban bunga dibagi 36 bulan sehingga besaran angsuran kredit sebesar Rp5.916.700.- perbulan
Pengusaha :                             Jadi kalau begitu saya mengajukan sebesar 150 juta untuk jangka waktu 3 tahun dengan jaminan tersebut

Customer Service BANK :     Baiklah setelah bapak mengisi formulir dan menyerahkan semua persyaratan, surat pengajuan kredit ini saya terima untuk segera diproses oleh yang berwenang semoga pengajuan kredit bapak bisa segera disetujui seperti yang diharapkan bapak.

Pengusaha :                             Terimakasih segala sesuatunya, saya menunggu berita selanjutnya. Saya permisi dahulu. Selamat siang.

Customer Service BANK :     Selamat siang, senang bekerja sama dengan bapak.

Setelah bernegosiasi cukup lama dengan Customer Service Bank,  akhirnya diperkirakan sang pengusaha ritel tersebut akan diberi pinjaman sebesar 150 juta dengan angsuran Rp5.916.700.- perbulan sudah beserta bunga dengan jaminan sertifikat tanah hak milik seluas 150 m2 beserta bangunannya dengan nilai NJOP sebesar Rp215.500.000,- . Namun keputusannya selanjutnya menunggu persetujuan kepala cabang.

NAMA  : LISNAWATI
KELAS : X MIA 2/34


1 komentar:

  1. Halo, saya adalah Ibu Jessica Rojas, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berhutang? Anda butuh dorongan finansial? Pinjaman untuk mendirikan bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, menumbuhkan bisnis Anda tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. kami memberikan pinjaman kepada lokal, internasional dan juga perusahaan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (Jessicarojasloanfirm1998@hotmail.com)

    Anda dipersilahkan untuk perusahaan pemberi pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    Salam

    Nyonya Jessica Rojas

    BalasHapus